Sunday, January 30, 2011

Belajar secara spontan

Belajar dengan riang gembira tanpa batasan
Akhir-akhir ini suamiku sudah tidak banyak tanya secara menghakimi tentang home education yang kami jalani. 
Karena semua proses belajar-mengajar hanya melibatkan aku dan Daffa (karena suamiku bekerja sehari penuh), membuat suamiku kadang sering protes kenapa pelajaran kami tidak pakai KurNas saja.

Yang membuat suamiku tidak bertanya lagi adalah action Daffa.
Malam sebelum anak-anak tidur, kami mendongeng bersama di sela-sela ndongeng itu aku bertanya tentang Justin Bieber, spontan Daffa menyanyi lagu One Time lengakap dan dengan pronoun yang benar-benar seperti Bieber menyanyi, English-nya jelas bukan ngawur.
Aku senyum lalu aku cium.
"Lho Kak, koq bisa hapal gimana caranya?", tanya Papanya
"Yo, gampang ae Pa, tinggal cari lyricnya di internet lalu aku nyanyi sambil nonton Youtube-nya, gampang kan", jawab Daffa santai
Papanya melirik ke arahku, aku langsung jawab dengan sedikit mengena
"Apalah arti kurikulum kalau tidak meresap ke ingatan si anak", jawabku.
Suamiku cuma tersenyum penuh makna, artinya aku sudah terbebas dari intimidasi darinya yang terus menerus resah bagaimana Daffa kelak.

Belajar dengan spontan tanpa sekat-sekat malah membuatnya melesat.
Belajar tanpa tekanan malah membuatnya mengerti apa yang sedang dia pelajari. 
Foto dari sini

No comments:

Post a Comment

AddThis

Bookmark and Share