Friday, July 20, 2012

Hari itu Akan Segera Tiba

Negara Tropis, indahnya berlimpah sinar matahari.


Beberapa waktu yang lalu mestinya Daffa menjalani ujian akhir di sebuah PKBM tapi digagalkan sepihak oleh orang yang dititipin pesan oleh si Ketua PKBM, seseorang ini tidak menyampaikan pesan dan jadwal yang seharusnya didapat Daffa. Tapi sudahlah memang belum waktunya saat itu.


Dan di Bulan ini kami memulai di PKBM baru di sekitar tempat tinggal kami saat ini.
Jadi ini kabar gembira juga bagi pelaksana pendidikan rumah, jangan ragu melaksanakan pendidikan dasar di rumah karena Pemerintah mewadahi kita untuk mendapatkan ijazah Paket A (setara dengan tingkat kelulusan SD=Sekolah Dasar).
Tidak perlu khawatir kalau kelak si anak akan pindah ke jalur formal di jenjang berikutnya karena Pemerintah MEWAJIBKAN semua sekolah menerima murid lulusan PKBM.
Dan Sekolah Dasar tidak mau menerima Siswa langsung kelas 6 karena untuk menghasilkan nilai si Ijazah SD didapat dengan cara menjumlah semua nilai dari kelas 4 SD sampai kelas 6 SD lalu nilai-nilai ini direkap dan dilaporkan pada DikNas setempat.
Jadi kalau memang bertekad menempuh pendidikan dasar di rumah tidak usah ragu, tuntaskan saja lalu ketika sudah siap hubungi PKBM setempat, bergabunglah 3 bulan menjelang Ujian Akhir Paket A.
Segera datangi PKBM setempat untuk melihat jadwal ujian dan kelas intensif karena jadwal ujian Paket A/B/C itu diselenggarakan 2 kali dalam setahun.
Biaya tergantung PKBM setempat.
Data yang dibutuhkan juga sederhana yaitu 2 lembar foto copy Akta Kelahiran dan beberapa lembar pas foto dengan ukuran yang sudah ditentukan PKBM setempat, pas foto harus berlatar belakang warna biru.
Mengikuti kelas intensif selama 3 bulan.
Lalu Ujian itu pun akan tiba.




Pesan dari penulis yang sedang berbagi cerita ini adalah : Jangan ragu meneruskan Pendidikan Dasar di rumah, birokrasi bukan halangan karena sudah ada jalur yang sudah disediakan Pemerintah saat ini.
Selamat Berjuang

2 comments:

  1. Semangat ya Nak! Semangat menapaki awal masa belajar yang baru

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tak terhingga buat Tante Maria Magdalena atas dukungan dan ilmu-ilmunya.
    Hari ini kami daftar ujian khirnya dengan menyerahkan persyaratan yang sederhana itu.
    Muuaahhh peluk-peluk, salam buat Pandu.

    ReplyDelete

AddThis

Bookmark and Share