Thursday, May 5, 2011

Kenapa Mesti Bingung Ijazah Sarjana Kalau Masih SD

Karena Facebook aku jadi bertemu dengan banyak teman lama dan 
beberapa teman baru yang sama-sama menjalankan Home Education.
Nah ini, justru dari teman lama itulah aku merasa hal dasar tentang edukasi  selama ini adalah untuk memperoleh ijazah.


Begitu mereka tahu aku adalah praktisi homeschooling untuk 2 putra kami, reaksi pertama dari mereka adalah banyak bertanya tentang ijazah. 
Karena menurut mereka dengan pergi ke sekolah formal hal pasti yang mereka dapat adalah ijazah. 
Catatan ya bukan semua temanku yang bertanya demikian, beberapa orang saja tapi dominan hehehe. 
Semula aku selalu menjawab sesuai dengan yang aku tahu, bahwa Pemerintah memberi celah berupa ujian kesetaraan, lha koq aku balik ditanya tentang akreditasinya halah-halah, jujur saja pertanyaan-pertanyaan yang pertama memang ingin tahu lalu berubah seolah jadi soal ujian yang harus aku jawab ini malah membuat aku geli.
Bagaimana tidak geli lha Daffa aja belum butuh ijazah SD apalagi ijazah sarjana.
Mbok ya silahkan aja kalau bertanya itu yang rasional, yang sesuai untuk kebutuhan pengetahuannya, kalau cuma buat memuaskan diri dari rasa bahwa yang sekolah formal itu lebih pasti ya tidak perlu cari pembanding pada praktisi homeschooling. Jalani saja yang memang jalan Anda, seperti saya menjalani semua untuk Daffa penuh dengan keyakinan.


Kenapa mesti bingung ijazah sarjana kalau masih menjalani sekolah dasar.
Yang mendasar saat ini adalah hak belajar Daffa aku penuhi, dan dia belajar secara terbuka untuk tahu jenis-jenis pekerjaan termasuk belajar apa itu wirausaha.

No comments:

Post a Comment

AddThis

Bookmark and Share